USIA DINI ADALAH MASA TERBAIK MENGHAFAL AL-QURAN

w4

Anak adalah amanah (titipan) dari Allah, amanah ini tentu harus dijaga dengan baik, yaitu dengan memberi pendidikan yang tepat bagi anak, sehingga nanti dapat menjadi anak yang berbakti kepada-Nya. Pendidikan paling utama yang mesti ditanamkan sejak dini adalah cinta kepada Al-Qur’an, cinta menghafal Al-Quran. Sebab, dengan mencintai Al-Qur’an anak-anak akan cinta kepada Allah Swt. Rasa cinta pada Al-Qur’an ini mesti ditumbuhkan sejak dini dengan cara menghafalkan Al-Quran kepada mereka, sebab dengan menghafalkan Al-Quran kepada mereka artinya kita sedang memupuk kecintaan mereka terhadap Pada dasarnya tidak ada ketentuan khusus berapa usia untuk menghafal Al-Quran, siapa saja dan kapan saja bisa menghafal Al-Quran; anak-anak, remaja, orang tua, orang Arab dan non Arab, semuanya bisa menghafal Al-Quran. Namun yang membedakan anak-anak usia dini dengan orang dewasa adalah kesan dalam menghafal. Sebagaimana Allah terangkan dalam Al-Quran:

ولقد يسرنا القرءان للذكر فهل من مدكر

“Dan Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran?”

Daya tangkap anak-anak tentunya lebih cepat dari pada orang dewasa, orang tua sangat sukat untuk menghafal Al-Quran karena memori hafalannya yang sudah melemah dan sel-sel otaknya yang semakin menua. Berbeda halnya dengan anak-anak yang masih usia dini, belum ada bebas difikiran mereka, belum ada tanggung jawab yang harus dipikul oleh mereka, hati mereka masih bersih dari noda-noda dosa, memori mereka masih sangat kuat untuk menyimpan data-data yang masuk kedalam sel-sel otak, inilah yang menyebabkan standar bahwa usia dini adalah usia terbaik untuk menghafal Al-Quran.

Yang menjadikan Al-Quran itu mudah dihafal oleh siapa saja, baik anak-anak usia dini maupun orang dewasa adalah lafaz-lafaz, kalimat serta ayat-ayatnya mengandung harmoni yang sangat indah, kenikmatan membaca dan kemudahannya juga sebab lain Al-Quran itu mudah dihafal oleh siapa saja.
Karena itu kita mendapatkan ribuan anak-anak muslim telah menghafal Al-Quran sejak usia dini.

Keadaan seperti ini tidak didapatkan dalam kitab-kitab agama lain, tidak ada yang mampu menghafal taurat, injil baik anak usia dini mapun orang dewasa. Justru yang menjadikan non muslim kagum adalah bagaimana anak-anak Muslim bisa menghafal kitab suci Al-Quran?

Umumnya ulama-ulama terkemuka adalah mereka yang telah menghafal Al-Quran sejak dini; Imam Syafi’i adalah orang yang pertama sekali meletakkan kaidah ushul fiqh telah menghafal Al-Quran sejak usia 7 tahun, Ibnu Hajar al-Asqalani salah satu ulama hadist terkemuka, penulis kitab Fathul Baari syarah Shahih Bukhari telah menghafal Al-Quran sejak usia dini, Ibnu Katsir sebelum menjadi ahli Tafsir telah menghafal Al-Quran sejak usia dini.

Diantara keistimewaan menghafalkan Al-Quran kepada anak sejak usia dini adalah selain membentuk karakter Qurani juga anak-anak yang menghafal Al-Quran sejak usia dini mudah untuk mengingat dan mengulang hafalan yang pernah melekat di hati dan bibir mereka meskipun hafalan tersebut sudah lama tidak

Maka usia terbaik untuk menghafal Al-Qur’an itu adalah usia anak-anak yang berumur antara 7 hingga 12 tahun atau sebelum masa baligh.